Multimedia terdiri dari kata “Multi” dan “Media”, multi yang berarti banyak dan media yang berarti tengah atau sering disebut perantara. Dapat didefinisikan, Multimedia merupakan kombinasi dari teks, foto, seni grafis, suara, animasi, dan elemen video yang dimanipulasi secara digital. Produksi multimedia memerlukan kreativitas, kemampuan teknis, organisasi, dan bisnis.
· Komponen Multimedia
Multimedia digunakan pada beberapa bidang dalam kehidupan manusia karena fungsi dan fitur yang ditawarkan menarik, terutama dengan kemajuan teknologi yang semakin maju membuat multimedia semakin banyak di lirik sehingga menghasilkan karya yang menarik. Contohnya seperti radio, televisi, komputer dan handphone. Adapun komponen-komponen multimedia ialah sebagai berikut:
1. Teks
Teks adalah komponen dari multimedia yang penting untuk menyampaikan suatu informasi, karena teks komponen ini sederhana selain itu tidak memerlukan tempat penyimpanan yang banyak. Teks akan tersimpan dalam bentuk file, yang terdiri dari kata, kalimat dan paragraf/alinea.
2. Gambar
Gambar merupakan salah satu komponen penting dalam multimedia karena dapat meringkas dan menyajikan data kompleks serta mampu menyampaikan banyak kata. Gambar dalam publikasi multimedia lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks, sebab manusia selalu berorientasi terhadap visual.
3. Audio
Audio juga tidak kalah penting dalam menyampaikan informasi. Jika tidak ada audio pada multimedia hasilnya kurang lengkap. Suara atau audio di dalam multimedia biasanya berupa suara musik, suara dari voice record dan efek–efek suara lain.
4. Video
Video adalah gambar–gambar yang saling berurutan sehingga menimbulkan efek gerak. Pembuatan video dalam tampilan multimedia bertujuan untuk membuat tampilan yang dihasilkan lebih menarik.
5. Animasi
Animasi ini merupakan kumpulan gambar yang ditampilkan secara bergantian dan berurutan sehingga terlihat bergerak dan hidup. Pergerakan animasi akan lebih mudah dimengerti daripada objek atau gambar diam. Animasi digunakan untuk membantu menggambarkan/mengilustrasikan metode, menunjukkan suatu hal yang hidup atau aktif dan memperagakan model.
· Penggunaan Multimedia dan Manfaatnya
Ketika berbicara tentang multimedia, mungkin kamu langsung berpikir tentang sebuah animasi atau gambar bergerak. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun sebenarnya lebih luas dari itu. Nah, untuk lebih jelasnya, langsung saja kita bahas apa saja sih pemanfaatan multimedia dalam berbagai bidang?
1. Bisnis
Dalam dunia bisnis, multimedia sering dimanfaatkan untuk pembuatan iklan agar terlihat lebih menarik dan menarik minat masyarakat. Dalam dunia digital, penggunaan multimedia untuk iklan bisa berupa video ataupun iklan animasi. selain itu multimedia juga seringkali digunakan untuk keperluan presentasi
2. Rumah
Kebanyakan dari produk multimedia sampai ke rumah-rumah lewat televisi biasa atau melalui jaringan komputer pribadi (PC). Telah terjadi peningkatan penjualan atas produk multimedia hiburan berbasis komputer dan produk game elektronik. Kenyataan ini telah membuka suatu peluang baru bagi pemasaran multimedia, baik untuk hiburan maupun untuk kepentingan usaha yang akan membuat kemudahan baik bagi produsen maupun konsumen.
3. Industri Kreatif
Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai keperluan, mulai dari seni, untuk hiburan, untuk seni komersial,
4. Hiburan dan Seni Rupa
Multimedia banyak di gunakan dalam industri hiburan khusus untuk memberikan efek khusus suara dan gambar dalam film dan animasi. Multimedia juga dimanfaatkan pada aplikasi dan game. Pengguna diberikan fasilitas untuk mengkontrol gerak animasi dalam game.
5. Pendidikan
Dunia pendidikan adalah dunia yang paling membutuhkan teknologi ini. Para siswa dapat langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya. Sebagai contoh, seorang siswa membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam aplikasi tersebut siswa dapat memilih periode dan subjek yang akan dipelajari, kemudian dilayar tampilan akan hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan gambar hidup dari subjek yang dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat dan rasa ingin tahunya akan lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain karena merasa tertarik akan media penyajiannya.
6. Jurnalisme
Pada bidang ini multimedia memberikan ruang interaktif bagi para khalayak, untuk tak hanya berperan aktif dalam mengkonsumsi konten-konten berita, seperti membaca berita, memberikan komentar, menonton video, ataupun mendengarkan audio, yang terdapat di berbagai media daring, namun juga sekaligus dapat menjadi produsen berita
7. Teknik
Untuk di bidang teknik, multimedia dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi dan software simulasi yang berbasis teknik. Simulasi yang digunakan dapat menampilkan objek-objek dua dimensi dan tiga dimensi yang dapat membantu di bidang teknik industri, mesin dan sipil. Sementara di bidang elektro, multimedia dapat menampilkan objek komponen beserta karakteristiknya serta dapat menunjukkan hasil dari simulasi rangkaian berupa tampilan gelombang , angka dan persamaan matematis.
8. Industri
Di sektor industri, multimedia digunakan sebagai cara untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang saham, rekan kerja dan atasan. Multimedia ini juga bermanfaat untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui web berbasis teknologi.
9. Matematika dan Penelitian Ilmiah
Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. Misalnya, seorang ilmuwan bisa melihat pada model molekular tertentu dari substansi dan memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat baru.
10. Kesehatan
Dengan multimedia dokter dapat menganalisa penyakit pasien dan memantau kondisi pasien lewat detak jantung, aliran darah, permukaan paru-paru melalui tampilan monitor. Pengunaan sinar X untuk scanning tubuh manusia dapat ditampilkan pada layar monitor. Hal lain yang dapat dilakukan dengan pemanfaatan multimedia antara lain menyimpan riwayat penyakit p asien, penggajian karyawan RS dan mengelola persediaan obat-obatan.
0 Comments: