Sebelum kita masuk ke defenisi IMK, akan
lebih baik kita tau terlebih dahulu sejarah singkat mengenai IMK. Pada tahun
1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga
dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik
perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Perusahaan komputer mulai
memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu
keberhasilan dalam pemasaran produknya. Istilah human-computer interaction
(HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru.
Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih
luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
adalah suatu sistem interaksi/interface yang secara artistik baik dan mampu
memenuhi kebutuhan tugas user (Perpaduan seni dan sains secara menyeluruh). IMK
ini merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari perancangan, implementasi, dan
evaluasi sistem komputasi interaktif dan berbagai aspek terkait. Pada prinsipnya
IMK membuat agar sistem dapat berdialog pada penggunanya seramah mungkin.
·
Tahapan
Human Computer Interaction (HCI)
1.
Perancangan
-
Wirefame
Wirefram
ini merupakan tahap penting dalam desain produk yang harus dipahami dengan
baik. Wireframe sendiri dapat diartikan dengan sederhana sebagai kerangka
gambar. Dengan wireframe, kamu bisa merancang struktur halaman yang baik,
layout, arsitektur informasi, user flow, fungsionalitas, dan perilaku yang
diinginkan dari pengguna.
-
Storyboard
Storyboard adalah
penggambaran visual adegan, dialog, aksi dalam urutan berurutan. Dengan begitu,
penggunaannya dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk menciptakan alur sebuah
kisah ataupun pengambilan gambar.
-
Wireflow
Wireflow
adalah representasi dari aliran layar, dengan mengumpulkan satu set wireframes
terkait mengikuti urutan mereka muncul dalam aliran.
-
Mockup
Mockup adalah desain
statis menyerupai hasil akhir untuk mewakili suatu produk. Mockup bisa disebut
juga sebagai preview dari sebuah konsep desain yang diberi efek visual
sedemikaian rupa sehingga membuat mockup tampak seperti nyata.
-
Prototype
Prototipe adalah versi
konsep produk yang memungkinkan Anda menjelajahi ide-ide Anda dan menunjukkan
rencana fitur atau konsep desain keseluruhan kepada pengguna sebelum ke tahapan
pengembangan atau implementasi. Bertujuan agar produk yang diluncurkan sesuai
dengan permintaan pasar.
2. Implementasi
Implementasi
adalah menerapkan hasil rancangan dari Wirefame, Storyboard, Wireflow, Mockup,
Prototipe ke dalam bentuk aplikasi nyata.
-
Implementasi
Mobile
1. Android Atudio
-
Implementasi
Desktop
1. Visual basic (VB) & Visual basic Net (VB Net)
-
Implementasi
Website
- Programming
Native
•
HTML (Hypertext Markup Language)
•
CSS (Cascading Style Sheets)
•
PHP (Hypertext Preprocessor)
-
Framework
•
CSS (Bootstrap + PHP)
•
PHP (CodeIgniter,Yii, Laravel)
-
CMS
(Content
Management System)
•
WordPress
•
Joomla
•
Drupal
3. Evaluasi
• Usability
Usability
merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk
mempermudah hidup pengguna.
• User Experience (UX)
User
experience sesuai artinya dalam bahasa Indonesia “pengalaman pengguna” adalah
pengalaman yang diberikan website atau aplikasi kepada penggunanya agar interaksi
yang dilakukan menarik dan menyenangkan.
0 Comments: