Kamis, 25 Februari 2021

Apa itu Interaksi Manusia dan Komputer?

 

Sebelum kita masuk ke defenisi IMK, akan lebih baik kita tau terlebih dahulu sejarah singkat mengenai IMK. Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya. Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah suatu sistem interaksi/interface yang secara artistik baik dan mampu memenuhi kebutuhan tugas user (Perpaduan seni dan sains secara menyeluruh). IMK ini merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari perancangan, implementasi, dan evaluasi sistem komputasi interaktif dan berbagai aspek terkait. Pada prinsipnya IMK membuat agar sistem dapat berdialog pada penggunanya seramah mungkin.

    ·         Tahapan Human Computer Interaction (HCI)

1.    Perancangan

-          Wirefame

Wirefram ini merupakan tahap penting dalam desain produk yang harus dipahami dengan baik. Wireframe sendiri dapat diartikan dengan sederhana sebagai kerangka gambar. Dengan wireframe, kamu bisa merancang struktur halaman yang baik, layout, arsitektur informasi, user flow, fungsionalitas, dan perilaku yang diinginkan dari pengguna.

-          Storyboard

Storyboard adalah penggambaran visual adegan, dialog, aksi dalam urutan berurutan. Dengan begitu, penggunaannya dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk menciptakan alur sebuah kisah ataupun pengambilan gambar.

-          Wireflow

Wireflow adalah representasi dari aliran layar, dengan mengumpulkan satu set wireframes terkait mengikuti urutan mereka muncul dalam aliran. 

-          Mockup

Mockup adalah desain statis menyerupai hasil akhir untuk mewakili suatu produk. Mockup bisa disebut juga sebagai preview dari sebuah konsep desain yang diberi efek visual sedemikaian rupa sehingga membuat mockup tampak seperti nyata.


-          Prototype

Prototipe adalah versi konsep produk yang memungkinkan Anda menjelajahi ide-ide Anda dan menunjukkan rencana fitur atau konsep desain keseluruhan kepada pengguna sebelum ke tahapan pengembangan atau implementasi. Bertujuan agar produk yang diluncurkan sesuai dengan permintaan pasar.



2. Implementasi

Implementasi adalah menerapkan hasil rancangan dari Wirefame, Storyboard, Wireflow, Mockup, Prototipe ke dalam bentuk aplikasi nyata.

-          Implementasi Mobile

1. Android Atudio

-          Implementasi Desktop

1. Visual basic (VB) & Visual basic Net (VB Net)

-          Implementasi Website

-       Programming Native

• HTML (Hypertext Markup Language)

• CSS (Cascading Style Sheets)

• PHP (Hypertext Preprocessor)

-                  Framework

• CSS (Bootstrap + PHP)

• PHP (CodeIgniter,Yii, Laravel)

-                  CMS (Content Management System)

• WordPress

• Joomla

• Drupal

3. Evaluasi

• Usability

Usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna.

• User Experience (UX)

User experience sesuai artinya dalam bahasa Indonesia “pengalaman pengguna” adalah pengalaman yang diberikan website atau aplikasi kepada penggunanya agar interaksi yang dilakukan menarik dan menyenangkan.










Related Posts:

0 Comments: