·
Pengertian
Usability
Usability
adalah atribut kualitas user interface yang seberapa mudah user interface
tersebut digunakan.Pada usability memiliki metode yang merujuk untuk
meningkatkan kemudahan pengguna dalam proses design.pengertian lainnya dari
usability ialah kemampuan yang dimiliki sebuah aplikasi dengan mudah digunakan
dan tujuan penggunaannya sesuai diinginkan oleh pengguna.Menurut
Nielsen,Usability didefinisikan dalam 5 komponen kualitas yaitu:
1.
Learnability
yaitu ketika user baru mempelajari/berinteraksi dengan
design seberapa mudah user menyelesaikan tugas-tugas dasar.
2.
Efficiency
Setelah user mempelajari design,seberapa cepat user
melakukan tugas,
3.
Memorability
Seberapa mudah user mahir kembali dalam menggunakan
design ketika user tidak menggunakan design dalam rentang waktu yang lama.
4.
Errors
yaitu seberapa banyak kesalahan, atau seberapa parah
kesalahan yang dilakukan oleh user dan seberapa mudah user memperbaiki
kesalahan tersebut.
5.
Satisfication
yaitu seberapa menyenangkan user menggunakan design
tersebut.
·
Kriteria Usability
Adapun kriteria
usability adalah sebagai berikut :
a.
Efisiensi
Efisiensi menurut KBBI menyatakan
bahwa efisiensi adalah ketepatan cara (usaha, kerja) dalam menjalankan sesuatu
(dengan tidak membuang waktu, tenaga ,biaya) kedayagunaan, ketepatgunaan, serta
kemampuan menjalankan tigas dengan baik dan tepat. (dengan tidak membuang waktu
tenaga biaya). Dari uraian diatas disimpulkan bahwa efisiensi adalah suatu cara
dengan bentuk usaha yang dilakukan dalam menjalankan sesuatu dengan baik dan
tepat serta meminimalisir permborosan dalam segi waktu, tenaga dan biaya.
b.
Efektifitas
Efektivitas berasal dari kata
efektif, menurut kamus besar bahasa Indonesia efektif adalah ada efeknya,
manjur atau mujarab, dapat membawa hasil, berhasil guna dan mulai berlaku.
Sementa itu efektivitas memiliki pengertian keefektivan adalah keadaan
berpengaruh.kemanjuran, keberhasilan dan hal mulai berlaku. Efektivitas
merupakan dampak atau pengaruh dari membuat atau menghasilkan produk yang
sesuai dengan keinginan atau sasaran yang ingin dicapai akan tetapi tetap
menjadi tanggung jawab yang juga akan dirasakan dan dialami sendiri oleh
individu yang menciptakan dan menjalankan.
c.
Kemudahan (Learnbility )
Pada era perpustakaan digital
disuatu decade belakangan ini, kata kemudahan mengakses sudah menjadi bagian
yang tak terlepaskan dari keterpakaian atau kebergunaan.Beberapa standar
pengukuran seberapa jauh sebuah sumber informasi termanfaatkan, selalu memakai
ukuran keudahan mengakses, termasuk kesan pada penggua tentang jemudahan
mengakses.
d.
Kesalahan
Kesalahan dan keamanan (errors)
didefinisikan berapa banyak kesalahan-kesalahan apa saja yang dibuat pengguna,
kesalahan yang dibuat pengguna mencangkup ketidaksesuaian apa yang pengguna
pikirkan dengan apa yang sebenarnya disajikan oleh sistem.
e.
Kepuasan
Menurut pendapat Kotler menyatakan bahwa
kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari
perbandingan atara kesannya terhadap kinerja yang dirasakan dari suatu produk
dan harapan-harapannya (expectations).Sementara itu Kotler dalam wijaya
menyatakan bahwa fungsi dari pandangan terhadap kinerja produk atau jasa dan
harapan konsumen.Kepuasan merupakan fungsi dari presepsi kesan atas kinerja dan
harapan.Jika kinerja dibawah harapan makakonsumen tidak puas, jika kinerja
memenuhi harapan maka konsumen puas.Jika kinerja melebihi harapan, konsumen
sangat puas atau senang.
0 Comments: