Kamis, 25 Maret 2021

Pengertian dan Penjelasan Mengenai Usability

 

    ·         Pengertian Usability

Usability adalah atribut kualitas user interface yang seberapa mudah user interface tersebut digunakan.Pada usability memiliki metode yang merujuk untuk meningkatkan kemudahan pengguna dalam proses design.pengertian lainnya dari usability ialah kemampuan yang dimiliki sebuah aplikasi dengan mudah digunakan dan tujuan penggunaannya sesuai diinginkan oleh pengguna.Menurut Nielsen,Usability didefinisikan dalam 5 komponen kualitas yaitu:

1.      Learnability

yaitu ketika user baru mempelajari/berinteraksi dengan design seberapa mudah user menyelesaikan tugas-tugas dasar.

2.      Efficiency

Setelah user mempelajari design,seberapa cepat user melakukan tugas,

3.      Memorability

Seberapa mudah user mahir kembali dalam menggunakan design ketika user tidak menggunakan design dalam rentang waktu yang lama.

4.      Errors

yaitu seberapa banyak kesalahan, atau seberapa parah kesalahan yang dilakukan oleh user dan seberapa mudah user memperbaiki kesalahan tersebut.

5.      Satisfication

yaitu seberapa menyenangkan user menggunakan design tersebut.

    ·         Kriteria Usability

        Adapun kriteria usability adalah sebagai berikut :

a.       Efisiensi

Efisiensi menurut KBBI menyatakan bahwa efisiensi adalah ketepatan cara (usaha, kerja) dalam menjalankan sesuatu (dengan tidak membuang waktu, tenaga ,biaya) kedayagunaan, ketepatgunaan, serta kemampuan menjalankan tigas dengan baik dan tepat. (dengan tidak membuang waktu tenaga biaya). Dari uraian diatas disimpulkan bahwa efisiensi adalah suatu cara dengan bentuk usaha yang dilakukan dalam menjalankan sesuatu dengan baik dan tepat serta meminimalisir permborosan dalam segi waktu, tenaga dan biaya.

b.      Efektifitas

Efektivitas berasal dari kata efektif, menurut kamus besar bahasa Indonesia efektif adalah ada efeknya, manjur atau mujarab, dapat membawa hasil, berhasil guna dan mulai berlaku. Sementa itu efektivitas memiliki pengertian keefektivan adalah keadaan berpengaruh.kemanjuran, keberhasilan dan hal mulai berlaku. Efektivitas merupakan dampak atau pengaruh dari membuat atau menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan atau sasaran yang ingin dicapai akan tetapi tetap menjadi tanggung jawab yang juga akan dirasakan dan dialami sendiri oleh individu yang menciptakan dan menjalankan.

c.       Kemudahan (Learnbility )

Pada era perpustakaan digital disuatu decade belakangan ini, kata kemudahan mengakses sudah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari keterpakaian atau kebergunaan.Beberapa standar pengukuran seberapa jauh sebuah sumber informasi termanfaatkan, selalu memakai ukuran keudahan mengakses, termasuk kesan pada penggua tentang jemudahan mengakses.

d.      Kesalahan

Kesalahan dan keamanan (errors) didefinisikan berapa banyak kesalahan-kesalahan apa saja yang dibuat pengguna, kesalahan yang dibuat pengguna mencangkup ketidaksesuaian apa yang pengguna pikirkan dengan apa yang sebenarnya disajikan oleh sistem.

e.       Kepuasan

Menurut pendapat Kotler menyatakan bahwa kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan atara kesannya terhadap kinerja yang dirasakan dari suatu produk dan harapan-harapannya (expectations).Sementara itu Kotler dalam wijaya menyatakan bahwa fungsi dari pandangan terhadap kinerja produk atau jasa dan harapan konsumen.Kepuasan merupakan fungsi dari presepsi kesan atas kinerja dan harapan.Jika kinerja dibawah harapan makakonsumen tidak puas, jika kinerja memenuhi harapan maka konsumen puas.Jika kinerja melebihi harapan, konsumen sangat puas atau senang.

Related Posts:

0 Comments: