Sebuah desain
logo merupakan perwakilan sebuah perusahaan. Desain logo perusahaan adalah
pembeda visual suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Didalam desain logo
yang bagus, akan terlihat filosofi dan misi dari perusahaan tersebut atau
dengan kata lain, logo melambangkan sebuah perusahaan dan merupakan unsur
penting dari “ busisness mix” sebuah perusahaan. Desain logo memiliki fungsi
sangat penting untuk kelangsungan dari sebuah perusahaan atau brand serta salah
satu faktor dalam meraih kesuksesan. Hal ini dikarenakan logo menjadi salah
satu strategi marketing yang sangat penting dalam menyampaikan pesan kepada
masyarakat, sehingga bisa menjadi ikonik dan familiar di pikiran audiensnya.
·
Tujuan
1.
Marketing
Tujuan utama dari sebuah logo
adalah sebagai salah satu proses branding dan strategi marketing. Dimana logo
menjadi bentuk penggambaran maupun identitas dari perusahaan, sehingga logo
tersebut akan menjadi citra dari perusahaan.
2.
Menarik Perhatian
Tentunya logo harus bisa menarik
perhatian dari konsumen, sehingga menimbulkan rasa ingin tahu mengenai
perusahaan. Logo bukanlah gambar yang di lihat dan dilupakan begitu saja,
tetapi logo harus bisa di ingat oleh konsumennya.
3.
Trend
Persaingan semakin ketat dalam
dunia industri, semua perusahaan telah melakukan penjualan dengan baik,
kualitas baik, dan pelayanan sama-sama baik. Selanjutnya yang akan menentukan
adalah logo atau biasa lebih akrab dengan brand.
·
5 Tahapan Membuat Desain Logo
1.
Pahami Kenapa Logo Tersebut Dibutuhkan
Logo harus dibuat untuk membuat
target bisnis tertarik. Jadi pastikan untuk mendesain logo yang memiliki efek
menarik dan unik. Logo seperti ini adalah logo yang diharapkan oleh para klien
nantinya. Jangan menggunakan hal-hal yang sudah biasa menjadi bagian dari logo.
Tentu hal ini akan membuat target bisnis menjadi bingung membedakan keunikan
bisnis yang dituju ke bisnis lain.
2.
Buat Perencanaan Desain Terlebih Dahulu
Sebelum memulai proses desain,
perencanaan sangat penting untuk kamu lakukan. Pertama, ketahui dahulu apa
bisnis yang dibuatkan logo dan jika sudah mengetahuinya, ketahui apa keunggulan
dari bisnis ini dan apa yang membuatnya lebih baik dari brand sejenis lainnya.
Jika sudah kamu dapat menggunakan informasi tadi sebagai bahan untuk mencari
inspirasi.
3.
Mulai Buat Desain Logo sesuai Konsep dan
Inspirasi
Logo yang kamu buat pada tahapan
ini harus memiliki pertimbangan mengenai informasi-informasi yang sudah kamu
dapatkan sebelumnya. Selain itu, penting juga untuk kamu mengetahui apa saja
bentuk yang ingin kamu gunakan dalam desain logo. Tidak lupa kamu juga harus
mengetahui seperti apa jenis huruf yang kamu akan gunakan dalam logo.
4.
Perhatikan Perkembangan Desain dan Terus Lakukan
Evaluasi
Terus lakukan evaluasi sambil
mendesain. Jika kamu merasa warna masih bisa diperbaiki dengan pilihan warna,
lain maka langsung coba lakukan. Begitu juga mengenai bentuk logo, posisi elemen
logo, dan banyak aspek lainnya. Semua harus kamu perhatikan perkembangannya dan
bagaimana hasil evaluasinya. Jika memang masih kurang memuaskan, maka cobalah
untuk terus memperbaiki hingga mendapatkan hasil yang memuaskan dan sesuai
dengan yang diharapkan oleh kamu ataupun klien.
5.
Logo Siap Digunakan dengan Pertimbangan
Penempatan
Penting untuk diketahui karena logo akan
digunakan dalam jangka panjang, maka kamu harus menyimpannya dalam beberapa
pilihan file word, pdf, atau file asli aplikasi desain seperti psd, cdr, dan
seterusnya. Selain itu, pastikan juga untuk membuat logo dalam beberapa
perspektif penggunaan. Misal ketika akan digunakan memanjang dan akan digunakan
membulat, serta banyak lagi.
0 Comments: