Rabu, 21 April 2021

Tahapan Membuat Desain Logo

 

Sebuah desain logo merupakan perwakilan sebuah perusahaan. Desain logo perusahaan adalah pembeda visual suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Didalam desain logo yang bagus, akan terlihat filosofi dan misi dari perusahaan tersebut atau dengan kata lain, logo melambangkan sebuah perusahaan dan merupakan unsur penting dari “ busisness mix” sebuah perusahaan. Desain logo memiliki fungsi sangat penting untuk kelangsungan dari sebuah perusahaan atau brand serta salah satu faktor dalam meraih kesuksesan. Hal ini dikarenakan logo menjadi salah satu strategi marketing yang sangat penting dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat, sehingga bisa menjadi ikonik dan familiar di pikiran audiensnya.

    ·         Tujuan

1.      Marketing

Tujuan utama dari sebuah logo adalah sebagai salah satu proses branding dan strategi marketing. Dimana logo menjadi bentuk penggambaran maupun identitas dari perusahaan, sehingga logo tersebut akan menjadi citra dari perusahaan.

2.      Menarik Perhatian

Tentunya logo harus bisa menarik perhatian dari konsumen, sehingga menimbulkan rasa ingin tahu mengenai perusahaan. Logo bukanlah gambar yang di lihat dan dilupakan begitu saja, tetapi logo harus bisa di ingat oleh konsumennya.

3.      Trend

Persaingan semakin ketat dalam dunia industri, semua perusahaan telah melakukan penjualan dengan baik, kualitas baik, dan pelayanan sama-sama baik. Selanjutnya yang akan menentukan adalah logo atau biasa lebih akrab dengan brand.

    ·         5 Tahapan Membuat Desain Logo

1.      Pahami Kenapa Logo Tersebut Dibutuhkan

Logo harus dibuat untuk membuat target bisnis tertarik. Jadi pastikan untuk mendesain logo yang memiliki efek menarik dan unik. Logo seperti ini adalah logo yang diharapkan oleh para klien nantinya. Jangan menggunakan hal-hal yang sudah biasa menjadi bagian dari logo. Tentu hal ini akan membuat target bisnis menjadi bingung membedakan keunikan bisnis yang dituju ke bisnis lain.

2.      Buat Perencanaan Desain Terlebih Dahulu

Sebelum memulai proses desain, perencanaan sangat penting untuk kamu lakukan. Pertama, ketahui dahulu apa bisnis yang dibuatkan logo dan jika sudah mengetahuinya, ketahui apa keunggulan dari bisnis ini dan apa yang membuatnya lebih baik dari brand sejenis lainnya. Jika sudah kamu dapat menggunakan informasi tadi sebagai bahan untuk mencari inspirasi.

3.      Mulai Buat Desain Logo sesuai Konsep dan Inspirasi

Logo yang kamu buat pada tahapan ini harus memiliki pertimbangan mengenai informasi-informasi yang sudah kamu dapatkan sebelumnya. Selain itu, penting juga untuk kamu mengetahui apa saja bentuk yang ingin kamu gunakan dalam desain logo. Tidak lupa kamu juga harus mengetahui seperti apa jenis huruf yang kamu akan gunakan dalam logo.

4.      Perhatikan Perkembangan Desain dan Terus Lakukan Evaluasi

Terus lakukan evaluasi sambil mendesain. Jika kamu merasa warna masih bisa diperbaiki dengan pilihan warna, lain maka langsung coba lakukan. Begitu juga mengenai bentuk logo, posisi elemen logo, dan banyak aspek lainnya. Semua harus kamu perhatikan perkembangannya dan bagaimana hasil evaluasinya. Jika memang masih kurang memuaskan, maka cobalah untuk terus memperbaiki hingga mendapatkan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan yang diharapkan oleh kamu ataupun klien.

5.      Logo Siap Digunakan dengan Pertimbangan Penempatan

Penting untuk diketahui karena logo akan digunakan dalam jangka panjang, maka kamu harus menyimpannya dalam beberapa pilihan file word, pdf, atau file asli aplikasi desain seperti psd, cdr, dan seterusnya. Selain itu, pastikan juga untuk membuat logo dalam beberapa perspektif penggunaan. Misal ketika akan digunakan memanjang dan akan digunakan membulat, serta banyak lagi.

Related Posts:

0 Comments: