· Internet Marketing
Internet Marketing merupakan
suatu upaya yang dilakukan untuk pemasaran produk atau jasa melalui media
elektronik atau internet. Menggunakan media/alat yang membantu mengarahkan lalu
lintas, arahan, tindakan dan penjualan. Dalam internet marketing ada banyak
elemen agar segala proses bisnis berjalan lebih efektif dan sukses, yaitu:
a)
Website
b)
E-commerce
c)
Artikel-artikel
SEO
d)
Email
marketing
e)
Search
Engine Marketing (SEM)
f)
Social
Media Marketing
g)
Systemize
Follow-up
h)
Sales
-
Langkah
Internet Marketing
1.
Riset
Produk
2.
Riset
Persaingan
3.
Buat/Cari
Produk
4.
Mulai
Marketing
-
5
Contoh Internet Marketing/Konten :
1.
Posting
& Artikel Blog
Sebuah
blog, khususnya, adalah platform konten yang hebat. Karena, memberi Anda dasar
untuk banyak posting, halaman, dan konten yang semuanya mengarah ke situs Anda.
2.
Infografis
Infografis
adalah cara visual yang menyenangkan untuk menyajikan informasi yang berharga.
3.
Studi
Kasus
Studi
kasus adalah pandangan mendalam pada beberapa tindakan yang diselesaikan merek
atau bisnis Anda, yang memiliki hasil terukur untuk sukses.
4.
Podcast
Mirip
dengan cerita dan acara radio berita dahulu kala, kecuali orang-orang dapat mengunduhnya
dan mendengarkan episode, bagaimanapun dan kapan pun mereka mau.
5.
Video
Video
adalah jenis konten terpanas saat ini, karena video mudah dikonsumsi,
menghibur, dan menarik bagi defisit rentang perhatian saat ini, dibandingkan
website.
-
Konsep
pemasaran secara digital (internet marketing) memiliki ciri-ciri sebagai
berikut:
a)
Tipe
promosi lebih fleksibel dan terpencar, misalnya lewat artikel, update blog,
status media sosial, twit, dan semacamnya
b)
Ruang
lingkup promosi lebih luas, ditujukan untuk siapa saja dan di mana saja
c)
Komunikasi
dengan konsumen lebih responsif dan terbuka (terlihat dari makin banyaknya
e-commerce yang menyediakan layanan pelanggan 24 jam)
d)
Komunikasi
banyak arah—baik penjual maupun pembeli sama-sama aktif mendiskusikan produk
-
7
Langkah Pemasaran Online bisa Anda Pelajari Antara Lain:
1.
Memahami
peran dan fungsi media digital
a.
Website:
adalah media halaman selain menyampaikan informasi, bisa digunakan untuk jual
beli memasarkan produk dan jasa.
b.
Marketplace:
situs yang disedakan sebagai tempat jual beli secara aman, semua penjual bisa
membuat toko online di marketplace dan pembeli juga bisa bebas melakukan
transaksi dengan sistem yang ditentukan oleh pihak marketplace.
c.
Toko
online: adalah website yang fungsinya lebih diutamakan sebagai toko yang
memajang produk-produk secara online agar visitor bisa leluasa memilih dan
melakukan order secara online.
d.
Sosial
Media: Media untuk berkumpul, berinteraksi, bersosialisasi secara online namun
juga bisa digunakan sebagai akun bisnis.
2.
Memetakan
segmen market bisnis anda
Dengan
memetakan segmen market, agar kegitan pemasaran online lebih tepat sasaran dan
mudah dalam mengelola media digital yang digunakan.
3.
Memilih
media digital yang tepat
Bisa
menentukan pilihan untuk menggunakan salah satu media digital saja, dua atau
semuanya.
4.
Mulai
menerapkan Internet Marketing yang baik
Apapun
yang berhubungan dengan akses internet dan bisa memasarkan produk di internet,
secara sederhana anda sudah mulai menerapkan internet marketing.
5.
Membuat
dan mendistribusikan content marketing
Content
marketing bisa mempunyai nilai informasi, edukasi, dan daya tarik tergantung
anda mau menggunakan yang mana untuk mengemas produk di dalam content tersebut.
6.
Menggunakan
iklan digital marketing
yaitu
pemasaran menggunakan media internet dan digital termasuk didalamnya adalah
iklan.
7.
Membangun
database customer
Dari
aktifitas menggunakan internet marketing sedikit banyak, perlahan tapi pasti
anda pasti akan mendapatkan nomer dan email dari merket, baik yang jadi membeli
ataupun tidak.
0 Comments: