Selasa, 24 November 2020

 ·        Internet Marketing

Internet Marketing merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk pemasaran produk atau jasa melalui media elektronik atau internet. Menggunakan media/alat yang membantu mengarahkan lalu lintas, arahan, tindakan dan penjualan. Dalam internet marketing ada banyak elemen agar segala proses bisnis berjalan lebih efektif dan sukses, yaitu:

a)      Website

b)      E-commerce

c)      Artikel-artikel SEO

d)      Email marketing

e)      Search Engine Marketing (SEM)

f)       Social Media Marketing

g)      Systemize Follow-up

h)      Sales

-          Langkah Internet Marketing

1.      Riset Produk

2.      Riset Persaingan

3.      Buat/Cari Produk

4.      Mulai Marketing

-          5 Contoh Internet Marketing/Konten :

1.      Posting & Artikel Blog

Sebuah blog, khususnya, adalah platform konten yang hebat. Karena, memberi Anda dasar untuk banyak posting, halaman, dan konten yang semuanya mengarah ke situs Anda.

2.      Infografis

Infografis adalah cara visual yang menyenangkan untuk menyajikan informasi yang berharga.

3.      Studi Kasus

Studi kasus adalah pandangan mendalam pada beberapa tindakan yang diselesaikan merek atau bisnis Anda, yang memiliki hasil terukur untuk sukses.

4.      Podcast

Mirip dengan cerita dan acara radio berita dahulu kala, kecuali orang-orang dapat mengunduhnya dan mendengarkan episode, bagaimanapun dan kapan pun mereka mau.

5.      Video

Video adalah jenis konten terpanas saat ini, karena video mudah dikonsumsi, menghibur, dan menarik bagi defisit rentang perhatian saat ini, dibandingkan website.

-          Konsep pemasaran secara digital (internet marketing) memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

a)      Tipe promosi lebih fleksibel dan terpencar, misalnya lewat artikel, update blog, status media sosial, twit, dan semacamnya

b)      Ruang lingkup promosi lebih luas, ditujukan untuk siapa saja dan di mana saja

c)      Komunikasi dengan konsumen lebih responsif dan terbuka (terlihat dari makin banyaknya e-commerce yang menyediakan layanan pelanggan 24 jam)

d)      Komunikasi banyak arah—baik penjual maupun pembeli sama-sama aktif mendiskusikan produk

-          7 Langkah Pemasaran Online bisa Anda Pelajari Antara Lain:

1.      Memahami peran dan fungsi media digital

a.       Website: adalah media halaman selain menyampaikan informasi, bisa digunakan untuk jual beli memasarkan produk dan jasa.

b.      Marketplace: situs yang disedakan sebagai tempat jual beli secara aman, semua penjual bisa membuat toko online di marketplace dan pembeli juga bisa bebas melakukan transaksi dengan sistem yang ditentukan oleh pihak marketplace.

c.       Toko online: adalah website yang fungsinya lebih diutamakan sebagai toko yang memajang produk-produk secara online agar visitor bisa leluasa memilih dan melakukan order secara online.

d.      Sosial Media: Media untuk berkumpul, berinteraksi, bersosialisasi secara online namun juga bisa digunakan sebagai akun bisnis.

2.      Memetakan segmen market bisnis anda

Dengan memetakan segmen market, agar kegitan pemasaran online lebih tepat sasaran dan mudah dalam mengelola media digital yang digunakan.

3.      Memilih media digital yang tepat

Bisa menentukan pilihan untuk menggunakan salah satu media digital saja, dua atau semuanya.

4.      Mulai menerapkan Internet Marketing yang baik

Apapun yang berhubungan dengan akses internet dan bisa memasarkan produk di internet, secara sederhana anda sudah mulai menerapkan internet marketing.

5.      Membuat dan mendistribusikan content marketing

Content marketing bisa mempunyai nilai informasi, edukasi, dan daya tarik tergantung anda mau menggunakan yang mana untuk mengemas produk di dalam content tersebut.

6.      Menggunakan iklan digital marketing

yaitu pemasaran menggunakan media internet dan digital termasuk didalamnya adalah iklan.

7.      Membangun database customer

Dari aktifitas menggunakan internet marketing sedikit banyak, perlahan tapi pasti anda pasti akan mendapatkan nomer dan email dari merket, baik yang jadi membeli ataupun tidak.

Related Posts:

0 Comments: